Skip to main content
x
Bengkulu Utara Bawaslu Bengkulu Utara Tindaklanjuti Laporan Atribut TNI yang digunakan Kampanye

Bawaslu Bengkulu Utara Tindaklanjuti Laporan Atribut TNI yang digunakan Kampanye

Bengkulu Utara, Lensabengkulu.com - Laporan kasus penggunaan atribut TNI dalam sosialisasi pemenangan oleh simpatisan di Pilkada Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, ditindaklanjuti Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten setempat.

Pihak Bawaslu menegaskan, pihaknya akan memproses setiap laporan yang masuk."Kita sudah melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan untuk klarifikasi. Oleh Panwascam Putri Hijau, karena peristiwanya disana," kata Divisi Hukum, penanganan pelanggaran dan sengketa Bawaslu Bengkulu Utara, Tugiran, Rabu (11/11/2020).

Dirinya mengatakan, pihaknya akan menggali informasi terkait motif oknum simpatisan yang mensosialisasikan kolom kosong. Adanya pihak yang merasa dirugikan terkait hal tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. 

Tugiran menjelaskan, baik TNI, polri, Aparatur Sipil Negara hingga Kepala Desa tidak boleh terlibat kegiatan menguntungkan atau merugikan pasangan calon. Selaras dengan hal itu, atribut-atribut yang dimiliki instansi tersebut dilarang untuk digunakan."Dari sisi TNI Polri jelas tidak boleh terlibat dalam politik dalam kegiatan kampanye, pasal 70 dan 71. Kita masih lakukan upaya klarifikasi dan itu sedang berproses," jelasnya.

Disisi lain, hingga saat ini pihaknya telah memproses 4 laporan dugaan pelanggaran Pilkada. Bawaslu berharap semua pihak menjalankan kampanye dan sosialisasi dengan bijak dan santun. Tak hanya menghasilkan pemimpin yang baik, hal itu diyakini mampu memberikan pembelajaran politik positif kepada masyarakat.

 

https://www.bengkulutoday.com/

Facebook comments