Skip to main content
x
Edukasi Potong tumpeng

Tumpeng SMSI untuk Kapolda, Sinergi Informasi dan Dukung Polri Promoter

Lensabengkulu.com - Dikemas dalam bentuk acara "ekspresi musik" kerjasama Betv, Harian Bengkulu Ekspress dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu, dipersembahkan tumpeng dari SMSI kepada Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, Jumat (29/11/2019) malam di Grage Hotel Kota Bengkulu.

"Terimakasih kepada rekan-rekan media, saya terkejut dengan acara ini, semoga kita semua bisa selalu bersinergi," kata Irjen Pol Supratman. 

Pada kesempatan itu, SMSI juga memberikan cinderamata kepada Kapolda Irjen Pol Supratman, GM Betv Susanto dan Pemimpin Redaksi Harian Bengkulu Ekspress, Iyud Dwi Mursito. "Ini sebagai simbol kemitraan SMSI," ujar Dr Rahimandani, Ketua SMSI Bengkulu.

Acara itu diisi dengan dialog yang dipandu presenter Betv Qana Alfia dan GM Betv Susanto dengan narasumber utama Kapolda Bengkulu. Mengusung tema "peningkatan tipologi, wujudkan Polri promoter", Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman berkomitmen untuk mewujudkan visi Polri, dan sejumlah arahan serta kebijakan Kapolri terbaru. Selain mengangkat isu soal keterbukaan kinerja Polri, Kapolda juga berkomitmen untuk mewujudkan penerimaan Polri 2020 yang terbuka dan jaminan tidak akan ada pihak yang bisa mengintervensi penerimaan Polri. 

"Jika ada yang mengaku-ngaku bisa meloloskan seseorang sebagai anggota Polri nantinya, maka hal itu bohong, sebab proses perekrutan Polri dilakukan sangat transparan dan tidak bisa diakal-akali, namun jika ternyata ada yang lolos setelah menyetor sejumlah uang kepada oknum, bisa jadi itu nembak diatas kudo," jelas alumni Akabri 1987 ini.

Selain itu, Kapolda juga berkomitmen untuk menjaga integritas anggota Polri dalam hal proyek APBD. "Saya pastikan tidak ada anggota saya yang bermain proyek APBD, jika ada laporkan kepada saya, jika ada yang mengatasnamakan saya, laporkan juga kepada saya, maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku," terang pria kelahiran Bengkulu 29 Juni 1962 ini.

Mantan Wakapolda Jawa Barat ini juga menuturkan bahwa dirinya dekat dengan wartawan dan media bukan selama dia menjabat sebagai Kapolda Bengkulu saja, bahkan dimanapun dia bertugas, wartawan selalu menjadi mitra kerjanya.

"Saya berdinas dimana saja, saya selalu peduli dengan orang Bengkulu, termasuk ketika saya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat, jadi saya ini orang Bengkulu yang tidak pernah lupa asal-usul, dan alhamdulilah saya dipercaya sebagai Kapolda Bengkulu, dengan demikian ini merupakan tanah kelahiran saya dan akan saya bangun bersama-sama masyarakat melalui tugas pokok dan fungsi Polri, sama-sama kita ciptakan kamtibmas," ungkapnya.

Kapolda berharap sinergi dengan wartawan dan media dapat terus berlangsung sampai kapanpun. Sebab, media merupakan mitra tak terpisahkan dari Polri.

Ketua SMSI Bengkulu Dr Rahimandani usai acara dialog mengatakan, SMSI sebagai organisasi media siber atau online, merupakan mitra strategis Polri dalam bidang informasi. Diakuinya, sebagian besar sumber pemberitaan media online sumbernya adalah dari Polri. 

"Termasuk dalam hal mendukung upaya peningkatan tipologi Polda Bengkulu dari tipe B ke tipe A, media anggota SMSI secara masif memberitakan, itu semua sebagai bentuk dukungan media dalam mewujudkan tipologi Polda Bengkulu ke tipe A. "Kita berperan sesuai dengan bidang kita masing-masing, yang jelas ketika informasi itu bernilai manfaat bagi daerah, tentu media anggota SMSI akan siap untuk bersama-sama mengangkatnya dalam pemberitaan," kata Rahimandani, yang juga mantan Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini menuturkan bagaimana kedepannya sinergi media dan Polri dapat terus terjalin dengan baik. "Saat ini media online anggota SMSI ada 61 media, dengan potensi ini tentu akan sangat membantu Polri dan juga pemerintah daerah dalam penyaluran informasi kepada masyarakat melalui wahana internet," ungkapnya.

"Kita siap bersinergi membangun dengan segala fungsi media tanpa mengabaikan kritisisme media sebagai kontrol sosial, tak hanya Polri saja, pemerintah daerah dan swasta juga menjadi bagian dari mitra media, terkhusus Bapak Kapolda, kami bangga sebagai masyarakat Bengkulu dimana Kapoldanya juga merupakan putra terbaik dari Bengkulu, semoga dengan ini akan semakin membawa manfaat dan kebaikan bagi Bengkulu kedepan untuk lebih maju lagi," ujar Rahiman.

Ekspresi musik juga diwarnai dengan pentas suara dari hadirin yang mayoritas merupakan pimpinan media online dan wartawan. Hadir juga Ketua PWI Bengkulu Zacky Antoni, Kepala Bidang Hubungan Media dan TIK Diskominfotik Provinsi Bengkulu Wilysa Mardani, para pimpinan media dan wartawan. (Rls)

Facebook comments