Skip to main content
x
Pemerintahan Serah terima simbolis aplikasi Inaportnet

Efektivitas Pelayanan, Pelabuhan Pulau Baai Implementasikan Aplikasi Inaportnet

Lensabengkulu.com - Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu menyusul bersama Tujuh pelabuhan lain dalam impelementasi pelayanan secara efektif melalui aplikasi Inapornet, layanan basis online. Inaportnet adalah salah satu aplikasi yang digagas Kementerian Perhubungan untuk pelayanan barang keluar dan masuk pelabuhan. Adapun Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu masuk sebagai pelabuhan Go Live Inaportnet di 2019.

Disampaikan Kepala Seksi Analisa Kebutuhan dan Bimbingan Armada Direktorat Lalu Lintas dan Angkatan Laut, Radzaman, Pemerintah sangat berharap Penerapan Inaportnet di Pelabuhan dapat didukung sepenuhnya oleh semua pihak agar terwujud dengan baik sehingga kegiatan operasional di pelabuhan akan berjalan dengan cepat, transparan, aman dan lancar.

"Aplikasi Inaportnet adalah efektifitas layanan bongkar muat barang kapal, juga keluar masuknya kapal-kapal besar ke pelabuhan. Jelas dengan hadirnya aplikasi ini berdampak pada kemudahan pendaftaran bagi kapal untuk melakukan aktifitas pelayaran," kata Radzaman, Jumat (22/11/2019) saat soft launching aplikasi Inaportnet di Bengkulu.

A

Selanjutnya, ditambahkan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muhammad Sabari, aplikasi ini merupakan kelanjutan dari penerapan Inaportnet yang telah dilakukan di 16 pelabuhan sejak Tahun 2017 yang menunjukkan kesungguhan dan komitmen Kementerian Perhubungan serta seluruh pemangku kepentingan di Pelabuhan untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, transparan serta efisien dan efektif.

"Aplikasi Inaportnet 2.0 diterapkan di 17 pelabuhan utama dan 1 pelabuhan kelas I yang dapat memberikan pelayanan kapal dan monitoring pergerakan kapal dan barang (petikemas) ekspor dan impor. Di tahun 2020 kita segerakan menggandeng 21 pelabuhan kelas I dan kelas II," katanya.

Fotobareng

Adapun kriteria kelayakan pelabuhan yang dapat menerapkan efektifitas pelayanan aplikasi Inaportnet tersebut memenuhi standar kelengkapan alat bongkar-muat, fasilitas pelayaran, sumber daya manusia, serta banyaknya kapal yang keluar masuk dalam mengekspor komoditi.

Pendaftarannya pun sangat mudah bisa diakses melalui website resmi https://inaportnet.dephub.go.id dan tidak memerlukan biaya administrasi. (Bis)

Facebook comments