Skip to main content
x
Advertorial Sosialisasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu

Pilkada Bersama Kaum Disabilitas

Lensabengkulu.com - PILKADA 2020 adalah Pemilu pertama setelah Pemilihan Presiden dan Legislatif tahun 2019. Pilkada 2020 akan dilakukan serentak di 270 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Bengkulu, akan digelar Pilkada serentak yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kaur, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Seluma, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati  Lebong.

Sebagian pemilih dalam Pilkada serentak nanti adalah penyandang disabilitas, yang seringkali menemui hambatan dalam menjalankan hak mereka.

Jumlah penduduk dengan disabilitas di Indonesia menurut survei penduduk antar sensus (SUPAS) tahun 2019 terdapat 22,8 juta jiwa. Sementara yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilu 2019 adalah sebanyak 1.247.730 orang. Artinya hanya sekitar 5.52% penyandang disabilitas yang tercatat berhak menggunakan hak pilih mereka.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu Eko Sugianto memastikan hak pilih bagi 4.300 orang penyandang disabilitas di Bengkulu akan tersalurkan pada Pilkada 2020 untuk memilih gubernur dan wakil gubernur.

Dalam memastikan penggunaan hak pilih kaum disabilitas tersebut, KPU telah menggandeng Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia dan Perkumpulan Mitra Masyarakat Inklusif dengan telah menandatangani pakta integritas tentang pemenuhan hak pilih bagi masyarakat dengan keterbatasan fisik.

hhh

"KPU sangat mengakomodir pemenuhan hak politik kaum disabilitas, selain memasukkan tema disabilitas dalam debat Pilkada, KPU berkomitmen atas pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas baik pada fasilitas pemilihan, kemampuan menjangkau di sektor sosial maupun fasilitas umum, juga memastikan pada saat pencoblosan nanti berlangsung aman di tengah pandemi Covid-19," kata Eko Sugianto saat menjadi narasumber dalam sosialiasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tahun 2020 yang digelar oleh KPU Provinsi Bengkulu dan Yayasan Pijar Qalisya Generasi Inklusi di Taman Wisata Marngrove Bhadrika Jenggalu Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu, Selasa (3/11/2020).

Sosialisasi dengan tema "Sukseskan Pilkada 2020 Ditengah Pandemi, Bersama Kaum Disabilitas" juga menghadirkan narasumber dari tokoh milenial, Wibowo Susilo, dipandu moderator Aurego Jaya. Dalam penyampaiannya, Wibowo memberikan motivasi kepada peserta yang didominasi para penyandang disabilitas agar mereka tetap optimis dan terlibat dalam suksesi Pilkada nanti.

ee

"Negara dalam hal ini KPU menjamin hak-hak politik penyandang disabilitas, jadi semua penyandang disabilitas dapat memberikan hak pilihnya dalam Pilkada serentak nanti," kata Wibowo.

Kegiatan  sosialisasi juga diisi dengan pembagian souvenir dari KPU Provinsi Bengkulu yang diberikan kepada penyandang disabilitas yang memberikan pertanyaan kepada narasumber. Sementara dari penyandang disabilitas memberikan buah tangan kepada narasumber berupa kerajinan tangan dan makanan ringan.(Adv)

Facebook comments